Pemkab Bangkalan Gelar Workshop Konvensi Hak Anak

  • Admin
  • Jumat, 06 Maret 2020

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bangkalan tengah mempersiapkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Untuk itu Pemkab melakukan sejumlah persiapan diantaranya melalui Workshop Konvensi Hak Anak. 

Workshop ditujukan untuk memberikan pemahaman terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak. Selain itu juga menjadi dasar dalam pemenuhan dan terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA). 

"Pada tahun sebelumnya, Pemkab Bangkalan belum bisa meraih penghargaan dalam pelaksanaan KLA," ujar Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, Kamis (5/3/2020).

Ra Latif meminta selain pendampingan terwujudnya KLA di Kabupaten Bangkalan juga harus didukung dengan penguatan komitmen pemerintah untuk memenuhi pembangunan berbasis hak anak. Hal itu sesuai dengan amanat UU No.25 Tahun 2014.

"Juga komitmen dari seluruh masyarakat sekaligus memenuhi lima kluster yang menjadi hak anak. Dalam UU dijelaskan mengenai pemenuhan hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan Pengasuhan alternatif. Kemudian kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan serta pemanfaatan waktu luang, kegiatan budaya dan perlindungan khusus," imbuhnya.

"Selain itu, kita juga harus paham serta memenuhi pelaksanaan 24 indikator KLA. Semoga melalui pertemuan ini kita bersama dapat mewujudkan KLA di Kabupaten Bangkalan," tandasnya. (yus)