Ketua TP-PKK Bangkalan Raih Juara Favorit di Ajang Batik Bordir Aksesoris Fair

  • Admin
  • Jumat, 06 Maret 2020

KETUA TP-PKK Kabupaten Bangkalan Ny Zaenab Zuraidah Abdul Latif menjadi juara favorit pada ajang Gelar Kriya Dekranasda Jatim dan Batik Bordir Aksesoris Fair 2020 yang diselenggarakan oleh Dekranasda Jawa Timur. Istri Bupati Bangkalan itu tampil dengan mengusung kreasi batik khas Tanjung Bumi.

Kegiatan yang berlangsung di Grand City Mall pada 4-8 Maret 2020 tersebut, merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi pengerajin binaan Dekranasda Kabupaten/Kota. Tujuannya guna untuk mempromosikan dan memasarkan produk unggulannya.

Ketua Dekranasda Jawa Timur Ny Arumi Bachin Emil Dardak menyampaikan, selain sebagai upaya untuk mempromosikan produk unggulan batik yang ada di Jawa Timur, kegiatan yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan regenerasi para perajin batik. "Tak hanya itu meningkatkan kecintaan dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya batik, serta meningkatkan promosi batik juga menjadi tujuan acara ini," ujar Arumi.

Khususnya kata Arumi batik bernuansa kearifan lokal yang semakin dikenal luas, baik ditingkat nasional maupun internasional. Saat ini pihaknya sedang berupaya membumikan batik Jawa Timur.

“Melalui pemberdayaan generasi muda perajin batik Jawa Timur. Melalui kegiatan ini, diharapkan muncul ide kreatif perajin batik Dekranasda Kabupaten/Kota, agar memperkenalkan motif batik khas daerah masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Bangkalan Ny Zaenab Zuraidah mengaku gembira terpilih sekaligus menerima gelar Juara Favorit secara langsung dari Ketua Dekranasda Jawa Timur. Menurutnya, keikutsertaannya dalam acara tersebut ditujukan sebagai langkah promosi Kabupaten Bangkalan untuk lebih mengenalkan batik tulis khas Bangkalan.

“Alhamdulillah, kami bisa bersaing dengan kabupaten lainnya dan tampil sebagai juara favorit. Semoga melalui ajang ini nantinya produk unggulan Kabupaten Bangkalan terutama batik tulis dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas sekaligus memberikan ide-ide kreatif pada para pengerajin batik di Bangkalan dalam mengembangkan produknya,” harapnya. (eko)